Ethenia Novianty W - 0806346035

Dalam direct mail kali ini, saya memilih tema visit Indonesia. Saya memiliki 3 big idea yang masing-masing dieksekusi menjadi 3 kemasan berbeda.

Ide 1 - THE LOST TREASURE

Amplop diberi tulisan CONFIDENTIAL, supaya penerima merasa surat di dalamnya sangat penting, amplop ini tanpa diberi nama pengirim di balik amplop, supaya penerima merasa penasaran.

Setelah amplop dibuka, muncul peta Indonesia yang kepulauan di dalamnya tidak utuh. Terdapat petunjuk untuk mencelupkan kertas tersebut ke dalam air agar "kepulauan yang hilang" dapat kembali muncul.



Setelah dicelupkan ke dalam air, tulisan petunjuk hilang dan sebagai gantinya muncul pesan yang panjang disertai munculnya kepulauan yang pada peta sebelumnya tidak muncul, seperti Kepulauan Maluku, Pulau Weh, Pulau Sumba, dll. Tulisan ditulis menggunakan tinta yang spesial yang hanya akan terlihat dalam keadaan basah.

Untuk lebih jelas, tulisannya adalah :

Kami tahu jika Anda memang spesial. Pulau-pulau yang hilang itu kembali muncul jika Anda dan keluarga Anda mau untuk menemukannya. NKRI dan kepulauannya yang utuh merupakan harta yang paling berharga. Kami yakin jika putra-putri Anda mengetahui peta Indonesia yang utuh dan segala bagiannya seperti pada peta ini. Namun, bukan tidak mungkin jika 20 tahun mendatang atau lebih akan ada pulau yang hilang atau tenggelam. Jangan sampai pulau yang eksotis dan menyimpan sejuta keindahan itu hilang sebelum Anda dan keluarga Anda sempat untuk menyaksikan dan membuktikan keindahannya. Kami yakin jika Anda sekeluarga sangat mencintai Indonesia dan segala bagiannya. Anda akan menjadi warga Indonesia yang paling beruntung dan berbahagia jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi bagian Indonesia yang indah dan tak ternilai itu sebelum orang Indonesia lain atau bahkan orang asing menemukannya. Kesempatan itu ada di depan mata Anda. Kami sangat tidak mengharapkan jika Anda dan keluarga Anda menyesalinya 20 tahun kemudian karena menyia-nyiakan kesempatan untuk menemukan harta karun tak ternilai ini.


Response letter bagian belakang




Response letter bagian depan (kartu pos disertai perangko, alamat tujuan yang telah ditulis dan gambar Pantai Lovina di Bali atau tempat indah lainnya di Indonesia yang belum banyak diketahui orang)



Ide 2 - OUR MEMORIES


Amplop ditulis dengan tulisan tangan dan perangko biasa, supaya terlihat personal dan dikirimkan oleh orang secara pribadi. Terdapat tulisan RAHASIA untuk memicu rasa ingin tahu, sehingga membuka amplop dengan menyimak segala isinya.


bagian belakang amplop tidak ditulis nama pengirim, untuk menimbulkan kesan misterius, sehingga semakin timbul keinginan untuk membuka amplop.


Isi

Setelah amplop dibuka, muncul CD dengan tulisan VIDEO KENANGAN KITA. Dengan adanya judul semacam itu, akan membuat penerima merasa penasaran sekaligus sedikit takut tentang apa isi CD tersebut. Tentunya CD sudah dibalut kemasan agar tidak retak.

Isinya adalah...

Video tentang tempat wisata dan keunikan Indonesia yang sangat indah, tetapi tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Seperti : pesta Danau Toba, upacara keagamaan Borobudur, Sendratari Ramayana, keindahan Pulau Belitung, Pulau Weh, dan air terjun Sigura-gura, Festival Gamelan internasional di Jogjakarta, Jogja Fashion Carnival, dll.

Ide dieksekusi dengan video karena untuk membuat orang tertarik akan tempat, cara yang paling efektif dengan melihat video, agar mendapatkan gambaran yang utuh dan real. Video dibuat dengan jelas dan menyentuh, supaya membangkitkan emosi dan keinginan penerima untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Pada akhir video muncul informasi tentang bagaimana untuk merespons dan berpartisipasi untuk mengunjungi tempat-tempat di Indonesia. Yaitu dengan membuka www.my-indonesia.info dan mengklik Sign In. Account untuk penerima telah dibuatkan sehingga penerima merasa spesial dan tidak malas untuk register dari awal, contoh :
username : Roni81
password : azda76


Setelah Sign In, akan ada formulir kesediaan untuk mengunjungi tempat wisata di Indonesia, disertai kolom tentang tempat Indonesia yang paling ingin dikunjungi.


Ide 3 - ROBOT CALENDAR


Amplop diberi tulisan FRAGILE sehingga penerima merasa diberikan hadiah yang pecah belah. Amplop berukuran besar seperti pembukus paket. Pada amplop tidak ditulis nama pengirim, untuk membuat penerima paket penasaran siapa yang mengirimkan hadiah padanya.

Setelah dibuka akan muncul robot dari kertas dengan kalender di tengahnya. Kalender dapat diganti dengan menarik tombol biru di atas robot. Pada setiap halaman kalender ada gambar tempat wisata dan keunikan Indonesia yang indah, tapi jarang diketahui oleh orang. Contoh gambar : Sendratari Ramayana, Raja Ampat, Kepulauan Karimunjawa, pantai Liang di Ambon, dll.

Kalender adalah suatu paket hadiah yang pasti akan terpakai dan tidak akan dibuang oleh penerima. Apalagi bentuknya yang unik, pasti penerima akan memajangnya di rumah. Meskipun targetnya adalah parents, namun dengan memasang kalender seperti ini, anak-anak di rumah akan tertarik untuk melihatnya, juga penasaran untuk menarik tombol biru di atas robot untuk mengganti kalender ke bulan berikutnya. Pada setiap halaman dengan gambar tempat wisata di Indonesia, anak-anak akan penasaran dan timbul keinginan untuk mengunjungi tempat itu sehingga mereka akan memohon pada orang tua mereka untuk pergi ke tempat itu bersama pada liburan.

Gambar Kalender


Di dalamnya juga terdapat pesan :


Response letter (bagian belakang)

Response letter (bagian depan)


0 comments: