Visit Indonesia Campaign : Indonesia Crowns You

Campaign ini dibuat oleh :

Annisa Ayuningtyas
Aprilia Dwi Nursanti
Bidari Indrahastuti
Biska Ananda
dan Desesri Ralifia




BIG IDEA : Indonesia Crowns You



WHY?


Terinspirasi dari pepatah "TAMU ADALAH RAJA", kami ingin mengangkat keramah-tamahan masyarakat Indonesia sebagai daya tarik tersendiri bagi turis.
Ditengah-tengah kehidupan yang semakin individualistis, tentu saja orang-orang ingin mendapatkan kehangatan yang sulit didapatkan dari lingkungan sekitanya (misalnya. negara-negara maju).

Itu sebabnya kata "CROWNS" di sini dapat diibaratkan sebagai perlakuan istimewa masyarakat Indonesia terhadap setiap tamu yang datang ke negaranya. Penghargaan (perlakuan istimewa) yang diberikan kepada mereka (turis), menjadikan mereka merasa spesial dan sangat dihargai, layaknya seorang raja.




Berikut ini beberapa promotional tools dari Campaign kami...
*promotional tools dalam posting ini merupakan printed ads yang bersifat copy-based



#1




Print Ads ini penulisannya berbentuk sebuah kunci.
Kunci tersebut diibaratkan sebagai kunci pintu istana yang menunjukkan analogi Indonesia sebagai sebuah istana yang di dalamnya terdapat beragam kekayaan budaya.
Kekayaan budaya tersebut diperlihatkan dari detail gambar beberapa rumah adat (yang terdapat di Indonesia) pada bagian atas gambar.

Selanjutnya copy-nya berbentuk seperti kunci sebagai analogi "kunci" untuk hidup bagaikan raja ("How to Live Like a King") yang akan ditawarkan Indonesia pada turis.
Indonesia memilki sejarah dimana pernah berdiri berbagai macam kerajaan masa lampau yang bisa dijadikan obyek wisata.
Hal tersebut juga membuat orang Indonesia benar-benar mengetahui bagaimana memperlakukan seseorang dengan istimewa (like a king) dan itu yang ingin disampaikan print ad ini.

Indonesia Crowns You!






#2

Print ad ini berbentuk postcard.
Dapat dibuat dalam berbagai versi dan bahasa (sesuai negara tujuan), menceritakan tempat-tempat wisata dan kehangatan masyarakat Indonesia.
Formatnya dipilih berbentuk postcard agar memberikan kesan emosional dan keintiman, sehingga orang yang membacanya merasakan suatu keterlibatan.
Nama orang (penulis surat dan tujuannya) disesuaikan dengan budaya. Misalnya, di Amerika Jenny dan John, di Perancis Pierre dan Camille, dan sebagainya.


Berikut ini contoh versi print ad:

a. Postcard BALI, berbahasa Inggris



Tujuannya negara-negara pengguna bahasa Inggris; dan secara umum (misalnya, Amerika, Inggris, Australia, dan lain-lain).



b. Postcard BUNAKEN, berbahasa Perancis



Tujuannya negara-negara pengguna bahasa Perancis (misalnya, Perancis, Kanada, Nouvelle Caledonie, dan lain-lain).

Berikut arti dari copy berbahasa Perancis:



Dear Camille,

Temanku, aku berada di surga. Aku mendapatkan semua yang aku butuhkan. Aku baru saja kembali dari menyelam. Aku sangat terpesona akan dunia bawah laut di sini. Terumbu karangnya sangat menakjubkan and aku bertemu banyak ikan. Aku mengambil beberapa foto untuk galeriku. Kamu harus melihatnya!

Ah, Camille, aku sangat bahagia sekarang. Aku menyukai matahari di sini. Kulitku menjadi cokelat. Sangat bagus! Cuacanya sehangat orang-orangnya. Ya, orang-orang di sini sangat ramah dan mereka memiliki senyum yang indah. Kamu akan menyukai semua hal di sini!

Besok aku akan pergi memancing. Doakan aku mendapatkan ikan yang besar yaa. Atau mungkin kamu harus menyusul ke sini!
Kamu bisa melihat penyu laut dan lumba-lumba. Dan kita bisa makan makanan laut. Semuanya segar langsung dari laut.

Baiklah, aku akan menunggu kamu. Orang-orang di sini sangat memanjakan kita. Mereka memberi yang terbaik, benar-benar orang-orang yang membuat kita nyaman di dekat mereka. Ayo bergabunglah dengan aku di sini!!! Indoneisa crowns you

Kecup, Pierre





#3




Print ad berformat prasasti.
Hal ini untuk relevansi kepada copy.
Copy menggunakan font menyerupai aksara Jawa Kuno.

Copy-nya berbunyi :

Here lies The World's Heritage

What if we give you the privilege to come and see?


Coba bayangkan, kamu diberi kesempatan dan keistimewaan untuk melihat WARISAN KEBUDAYAAN DUNIA.
Itu merupakan suatu kebanggan tersendiri karena turis mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan langsung (experience) dan semua itu ada di Indonesia.




Sekian dari kami, semoga memberikan manfaat :)


1 comments:

ZieA said...

I like your postcard ...

^^
thanks ..