DIRECT MAIL -AISHA RACHMANI 0806462981 "earth hour"

BELAKANG ----- DEPAN

Merupakan bagian 1 : COVER atau ENVELOPE dari direct mail ini. Konsep dari amlop yang dimaksud adalah, pada bagian depan, terdapat gambaran mengenai sebuah bohlam yang sedang menyala dan di dalamnya terdapat gambaran dari bumi kita yang meleleh akibat panas yang dikeluarkan sebuah bohlam. Terdapat tag berupa "SAVE OUR WORLD, NOW!" sehingga membuat orang yang membacanya tergugah untuk melakukan penyelamatan segera untuk bumi kita, serta amplop ini tidak membutuhkan prangko sehingga respon form bisa dapat segera di kirimkan ke kami dengan cepat. Pada bagian belakang, terdapat lambang dari wwf berupa panda dan tag "EARTH HOUR 2010". Target dari direct mail ini adalah mereka yang berusia 19-25 tahun, pada usia tersebut kebanyakan mereka lebih tertarik kepada sesuatu yang terlihat simple namun memiliki makna. Sehingga diharapkan jika mereka melihat amplop ini, mereka akan tergugah ataupun penasaran ingin membukanya dan mencari tahu apakah isinya.

Bagian ke 2 : Jika amplop dibuka, maka akan terlihat dua sisi. Disebelah kanan akan dapat dilihat bahwa adanya surat atau letter yang bersifat personal. Konsep yang diambil berupa surat yang berasal dari bumi. Pada surat itu, bumi bercerita ttng dirinya yang mengenal sang penerima surat, serta si bumi meminta tolong kepada penerima surat untuk berpartisipasi dalam kampanye ini, karena keselamatan bumi berada di tangan kita bersama. Kemudian disebelah kiri dapat dilihat adanya sebuah bentuk bumi yang bisa ditarik dan akan menampilkan beberapa informasi tambahan mengenai " EARTH HOUR " ini. Konsep background yang diambil berupa warna hitam, menggambarkan keadaan bumi dari luar angkasa. Hitam atau gelap tidak berarti buruk, melainkan sebuah sisi lain yang ada disetiap mahkluk dan terkadang dibutuhkan untuk menyeimbangkan sisi terang yang ada.


Bagian ke 3 : Bentuk dari bumi disebelah kiri dapat dibuka, jika ditarik kearah kanan maka akan dilihat tulisan link dari earth hour indonesia sehingga penerima surat dapat melihat situs resmi kami, serta terdapat beberapa fakta mengenai apa saja yang dapat terjadi jika kita berpartisipasi dalam kampanye "EARTH HOUR" ini dan dampaknya bagi lingkungan kita bersama.
Bagian ke 4 : Jika bentuk bumi disebelah kiri ditarik kearah kiri. Maka akan dilihat bentuk diagram yang menjelaskan penggunaan listrik yang terjadi di Jakarta, bahwa 37% adalah listrik rumahtangga oleh karena itu sangat pentingnya bagi masyarakat untuk mematikan lampu dirumahnya demi menyelamatkan bumi. Sedangkan disebelah kanan terdapat respon form yang berbentuk sederhana dengan tag "surat kontrak" yang kemudian diharapkan dapat diisi oleh penerima surat dan dikirimkan kembali ke kami hanya dengan memasukkan amplop ini beserta respon formnya ke kotak surat.

---------------------------------------------------------------
Sekian bentuk dari direct mail saya, mohon maaf jika dibagian envelope warna yang ditampilkan kurang menyala, karena saya menggunakan pensil warna bukannya spidol atau crayon. Pada tugas berikutnya insya Allah akan jauh lebih baik dari ini. Terima Kasih :)

0 comments: