Annisa Ayuningtyas, 0806463006



GNOTA Youth Voluntary Program :
"Cause YOUths also contribute ..."



Direct Mail yang saya buat bertemakan GNOTA Youth Voluntary Program dengan tagline "Cause YOUths also contribute..."


Kenapa saya ambil tema ini?

Karena targetnya berusia 19-25 tahun (
youths)..
Tagline
"Cause YOUths also contribute..." hadir dari pemikiran saya tentang apa yang bisa ngebuat youths tergerak untuk ikut program ini -- menyadarkan youths kalo mereka juga bisa kok berkontribusi langsung untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

Perlu dilihat juga penulisan YOUths. YOU-nya saya kapital semua..
karena YOU (kamu) sebagai YOUths bisa berkontribusi langsung dengan berpartisipasi dalam program ini -- menolong adik-adik kita yang kurang beruntung di luar sana dan meningkatkan taraf pendidikan serta SDM :)



Naah, direct mail ini sendiri terdiri dari beberapa bagian, yaitu...

1. Envelope




Envelope-nya berupa kotak (ukuran A4) dengan gambar seorang pelajar SD (sebenernya pelajar SMP juga bisa sih, tapi warna merahnya anak SD itu lebih eye-catchy buat saya).
Kalo kita buka kotak ini (dari tanda open -pita perekat/tape- di mulutnya), si figur anak ini akan tersenyum lebar :D
Lucu kaan? hehehe


2. Letter



Saya sengaja nulis letter-nya dengan kata-kata berapi-api kaya gini.
Soalnya saya mau menyulut niat youths untuk mengambil langkah pasti.
Sesuatu yang sifatnya heroik dan patriotik bisa banget lho membuat orang untuk mengambil tindakan.

Karena kekecilan jadi ngga bisa dibaca yaa??

Isinya suratnya sebagai berikut..


Hai Pemuda!

Setiap tahunnya Pemerintah mengeluarkan BOS (Bantuan Operasional Sekolah) untuk mendukung program “Wajib Belajar 9 Tahun”. BOS memberikan subsidi biaya operasional, kesejahteraan guru dan biaya infrastruktur. Namun, siswa masih memiliki kewajiban untuk membayar buku, seragam, alat-alat tulis serta perlengkapan sekolah lainnya.

Taukah kamu?

700,000 anak setiap tahunnya putus sekolah karena alasan ekonomi.

700,000 anak harus berhenti bermimpi hanya karena ketidaktersediaan perlengkapan sekolah.

700,000 anak kehilangan masa depan.

Masih bisakah kita diam?

TIDAK!

Buka matamu Pemuda, mereka membutuhkan Kamu.

Kepedulianmu memungkinkan mereka untuk terus bersekolah.

Senyuman mereka adalah kebangganmu.

Bergabunglah dengan GNOTA dan selamatkan mimpi mereka!

Cause youths also contribute …

Temanmu,

Seorang pemuda



Format letternya sengaja saya buat resmi-resmi-vintage gimanaa gituu.
Soalnya saya suka liat film-film lama yang pake surat kaya gini.. dan itu lucu bangeeet :3
Suratnya digulung dan diikat pita merah.. *aww too cute*



3. Lift letter



Mmm, ini bisa dibilang liftletter ngga sih?
Intinya saya mau kasih suatu item yang bisa bikin si penerima surat inget sama program GNOTA ini.
Jadi daya buat aja, multifunction liftletter (ehemm).
Lift letter ini bisa dijadiin kalender meja yang berguna buat si penerima surat.
Dan pastinya mereka liat pesan dari GNOTA setiap mereka ngeliat kalender :)

*Ilustrasi mengubah lifletter jadi kalender ada di gambar atas (sebelah ilustrasi letter)


4. Response Form




Response form-nya sendiri saya buat sangat sederhana.
Bentuknya postcard -biar mudah untuk dikirim kembali- terus formnya saya buat clear dan detail.
Nanti setelah dikirim dan sampai ke GNOTA, mamas-mamas atau mbak-mbak dari GNOTA akan nelepon si penerima surat deh untuk urusan administrasi lebih lanjut
(misalnya, sumbangan cash atau rutin dari rekening tabungan, dll).


Itu dia semua bagian direct mail saya.

Lebih baik lagi sih kalo diisi sama brosur dari GNOTA juga..
Yang isinya antara lain mengenai organisasi apa sih GNOTA itu, terus kegiatannya apa aja, terus profil beberapa adik kita yang bisa kita bantu, dan lain-lain.
Soalnya informasi itu penting juga lho buat ngeyakinin si penerima surat :))



Oke, sekian dari saya.
Maaf yaa kalo panjaaaang banget.
Habis saya ngga mau ada kesalahpahaman yang terjadi mengenai tugas ini.
Sekarang kaan jelas, kenapa-begini-kenapa-begitunya :)

Mohon maaf atas keterbatasan skill saya yaa..
Namanya juga masih belajar :p



0 comments: